Arjawinangun – Berbagai Pengajian Pasaran di Pondok Pesantren Dar Al Tauhid Arjawinangun, kemarin malam tepatnya pukul 22:30 wib hari ke 23 ramadhan (01/08/13), telah mengkhatamkan pengajian kitab Khifayatul Akhyar yang dikajinya dan sekaligus penutupan dengan pembacaan do’a yang langsung dipimpin oleh Syekh Ma’had KH. Ibnu Ubaidillah Syathori, di musholla utama Pondok Pesantren Putra.

Pengajian Pasaran yang digelar tiap bulan suci ramadhan ini tidak hanya santri saja, tetapi para warga sekitar dan para alumni pun biasanya berduyun – duyun datang hanya untuk mengikuti ngaji pasaran tersebut.

Menurut Abdul Qodir, Pengajian Pasaran tahun terakhir ini memang sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. “Dulu yang mengikuti pengajian pasaran bukan dari kalangan santri sini saja (Ponpes Dar Al Tauhid, red.), melainkan sejumlah santri senior dari berbagai pesantren lain.” Tutur santri yang mengikuti Pengajian Pasaran.

Lanjutnya, “meski berbeda dengan tahun sebelumnya, namun tidak meredam antusias para santri untuk mengikuti pengajian yang dilaksanakan pada siang dan malam ini. Pengajian Pasaran ini dipimpin oleh sejumlah Kyai dan Dewan Asatidz, diantaranya Abah Inu (Sapaan akrab KH. Ibnu Ubailillah Sy), Abah Mahsun (KH. Mahsun Muhammad MA), Gus Nayil An Nafahat (Putra Abah Inu), Ust. Asep Saefullah, dan para ustad lainnya,” Pungkasnya.

Dan menandakan hari esok adalah hari dimana para santri di bebaskan untuk izin pulang. Dan namun ada beberapa santri yang tidak pulang.[robidin/Obet].

Comments

comments