Arjawinangun – Pondok pesantren Dar Al-Tauhid, ini setiap ba’da sholat isya sekitar jam 20:00 wib mengadakan kegiatan untuk para santri yang diwajibkan mengikuti pengajian kitab kuning sampe jam 22:00 wib, yang diajarkan langsung oleh Syeikh Ma’had KH. Ibnu Ubaidillah Syathori, di musholla utama pondok pesantren putra, yang berlokasi Desa Arjawinangun, Kec. Arjawinangun, Kab. Cirebon, Selasa (24/12/13) malam hari.

Pengajian dimulai setiap malam senin hingga malam kamis. Dan kitab yang dikajinya oleh KH. Ibnu Ubaidillah Syathori, ini adalah kitab fiqih madzhab Imam Syafi’iyah, Taqrirotus Syadidah. Membahas tentang Ubudiyah (Bab Ibadah), karya Hasan Bin Ahmad Bin Muhammad Bin Salim Al-kaff.

Gus Nayil An Nafahat (Putra Abah Inu), mengatakan, “Pondok Pesantren Dar Al-Tauhid, mengadakan pengajian seperti kitab Taqrirotus Syadidah, ini untuk bekal mereka para santri kelak dikehidupan masyarakat. Dan mereka nanti bisa mengamalkan dan mengajarkannya tentang cara mengenai ibadah menurut pandangan madzhab Imam Safi’i, yang dianut sebagai mayoritas oleh kalangan masyarakat Indonesia, pada umumnya”, tandasnya saat ditemui di komplek uhud.

Pengajian kitab kuning ini diikuti oleh para santri putra maupun santri putri, khususnya santri kelas aliyah atau ma’had aly. Dan sedangkan untuk santri madrasah tsanawiyah, mengadakan musyawarah untuk membahas pelajaran besoknya yang akan diajarkan oleh para Ustadz di madrasah pondok. Kitab kuning atau kitab fiqih Taqrirotus Syadidah, ini dikaji sudah hampir setengah tahun lebih. Dan sebelum mengadakan pengajian kitab Al-Bayanul Qowim, karya Syekh Ali Jum’ah.

Comments

comments