Bedah Buku “Merayakan Hari-Hari Indah Bersama Nabi Muhammad” Bersama Buya Husein

0
613

Acara bedah buku Merayakan Hari-Hari Indah Bersama Nabi buah karya KH. Husein Muhammad dan dengan pembanding KH. Mahsun Muhammad, dengan tema “Membuka Lembaran Langit Dalam Halaqoh” di Pondok Pesantren Dar al-Tauhid Arjawinangun Cirebon, pada hari jum’at 05 Mei 2017 yang di ikuti oleh ratusan santri baik putra dan putri.

Dan menurut buya, sapaan akrab KH. Husein Muhammad menjelaskan bahwa”merayakan hari-hari indah bersama nabi Muhammad adalah; mengekspresikan cinta atau rindu kita kepada Nabi, dengan mengambil suri tauladan Nabi, seperti dalam merayakan hari-hari besar seumpama hari raya.” Karena memang dalam kalender hijriyah banyak sekali hari-hari yang diperingati oleh umat islam seluruh dunia, dan buya melanjutkan pemaparan atas judul dari buku tersebut dengan mengatakan “seringkali umat islam hanya terjebak dalam perayaan-perayaan yang bersifat dzahir atau seremonial semata, namun belum sampai masuk dalam relung hati.”

Dan KH. Mahsun Muhammad menjelaskan bahwa “kaum jahiliyah bukanlah kebodohan dalam hal intelektual, melainkan kebodohan dalam tata nilai atau tatakrama dan kesopan santunan dan gelar ‘al-amin’ yang disemamtkan kepada Nabi karena sifat santun, ramah, menghargai sesama manusia, juga Nabi merupakan seorang yang selalu memikirkan umatnya dan tidak mementingkan diri sendiri.” Dan beliau juga menambahkan bahwa “Nabi selalu membalas kejahatan dengan kebaikan.”

Dengan antusias yang luar biasa dari para santri, banyak pertanyaan-pertanyaan yangb luar biasa dari para santri seperti yang dilontarkan oleh Fahmi Hasan Bisri “Bagaimana jika kaum muslimin memperingati hari besar dengan sedikit kreasi yang berlebihan?” dan pertanyaan tersebut jawab oleh buya dengan “kita tidak boleh di kotori dengan cara yang menodai nama besar Nabi Muhammad.”

Dengan acara seperti ini diharapkan para santri akan meniru suri tauladan Nabi kepada umatnya, seperti sifat penyayang, santun serta pemaaf.

 

Comments

comments